PELABUHAN INDONESIA III

 Beberapa hari yang lalu saya dan teman-teman melakukan kunjungan industri ke Pelabuhan Indonesia III Surabaya dan diminta untuk membuat laporannya. Kali ini saya akan memberikan sedikit isi dari makalah saya tentang PELINDO III (PART I).




A.   PT Pelabuhan Indonesia III

1.      Visi, Misi dan Nilai-Nilai yang dikembangkan perusahaan

a.      Visi Perusahaan
Menjadi pelaku penyediaan jasa kepelabuhan yang prima, berkomitmen memacu integrasi logistik nasional.

b.      Misi Perusahaan
Ø Menjamin penyediaan jasa pelayanan prima melampaui standar yang berlaku secara konsisten.
Ø Memacu kesinambungan daya saing industri nasional melalui biaya logistik yang kompetitif.

Ø Memenuhi harapan semua stakeholders melalui prinsip kesetaraan dan tata kelola perusahaan yang baik (GCG).
Ø Menjadikan SDM yang kompeten, berkinerja handal dan berpekerti luhur.
Ø Mendukung perolehan devisa negara dengan memperlancar arus perdagangan.

c.       Nilai-Nilai yang dikembangkan Perusahaan
Ø  Satisfaction (Kepuasan Pelanggan)
Senantiasa mengutamakan kepuasan pelanggan melalui kegiatan pelayanan dengan metode dan mekanisme yang berlaku.
Ø  Motivator (Motivator)
Berkomitmen untuk selalu menjadi motivator dalam meningkatkan dan mengembangkan Sumber Daya Manusia yang professional dengan dilandasi iman dan takwa.
Ø  Accurate (Tepat)
Bertindak tepat dan cepat dalam mewujudkan kinerja perusahaan
Ø  Reputable (Nama Baik)
Menjunjung tinggi kehormatan dan martabat perusahaan
Ø  Totality (Totalitas)
Bertindak dan bersikap secara total dalam menciptakan kepedulian sosial bagi masyarakat di lingkungan perusahaan.

2.      Bidang Usaha
Sesuai dengan Anggaran Dasar Perseroan, bidang usaha PT Pelindo III (Persero) adalah menyediakan dan mengusahakan jasa kepelabuhanan untuk menunjang kelancaran angkutan laut dalam rangka menunjang pelaksanaan pembangunan nasional, yang meliputi pengusahaan :

v Kolam-kolam pelabuhan dan perairan untuk lalu-lintas dan tempat berlabuhnya kapal.
v Jasa-jasa yang berhubungan dengan pemanduan (pilotage) dan penundaan kapal.
v Dermaga dan fasilitas lain untuk bertambat, bongkar muat barang termasuk hewan dan fasilitas naik turunnya penumpang.
v Gudang-gudang dan tempat penimbunan barang-barang angkutan bandar, alat bongkar muat, serta peralatan pelabuhan.
v Tanah untuk berbagai bangunan dan lapangan, industri dan gedung-gedung/bangunan yang berhubungan dengan kepentingan kelancaran angkutan laut.
v Pengediaan listrik, bahan bakar minyak, air bersih dan instalasi limbah pembuangan.
v Jasa terminal, kegiatan konsolisadi dan distribusi barang termasuk hewan.
v Pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan kepelabuhan.
v Jasa pelayanan kesehatan.
v Jasa transportasi laut.
v Jasa persewaan fasilitas dan peralatan di bidang pelabuhan.
v Jasa perbaikan fasilitas dan peralatan pelabuhan.
v Properti di daerah lingkungan pelabuhan.
v Kawasan industri di daerah lingkungan pelabuhan.
v Kawasan wisata di daerah lingkungan pelabuhan.
v Depo petikemas.
v Jasa konsultan di bidang kepelabuhan.
v Jasa komunikasi dan informasi di bidang kepelabuhan.
v Jasa konstruksi di bidang pelabuhan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Anak Kesulitan Belajar (Learning Disabilities)

Naskah Teater ''Asal Mula Kalangbret"

Parenting “Ketika Anakku Lelah” oleh Bunda Yirawati Sumedi, S.Psi (Tips Menjadi Orangtua Milenial)